KOMUNIKASI
Definisi
Lengkap
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris
“communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa
Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata
communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu
usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Jadi,
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari
satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau
verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa
verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan
dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya
tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut
komunikasi nonverbal.
Pentingnya komunikasi
Komunikasi itu penting, semua orang tahu, karena ini merupakan basic instinct
dari setiap makhluk hidup sehingga kita dpat terhubung satu sama lain . Komunikasi tidak selalu disampaikan dengan ucapan tapi juga bisa
dengan isarat atau tulisan.
Proses
Komunikasi
Contoh
model komunikasi yang sederhana digambarkan dibawah ini :
Pengirim—>Berita—>Penerima
Jika
salah satu elemen komunikasi tidak ada maka komunikasi tidak akan
berjalan. Ada komponen-komponen dalam komunikasi antara lain :
·
Pengirim(Sender=Sumber) adalah seseorang yang
mempunyai kebutuhan atau informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan
kepada orang lain.
·
Pengkodean (Encoding) adalah pengirim mengkodean
informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.
·
Pesan (Massage), pesan dapat dalam segala bentuk
biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima.
·
Saluran (Chanel) adalah cara mentrasmisikan
pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang diucapkan.
·
Penerima (Recaiver) adalah orang yang menafsirkan
pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi
tidak akan terjadi.
·
Penafsiran kode (Decoding) adalah proses dimana
penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti
baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan
oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.
·
Umpan
balik (Feedback) adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi
kominikasi pengirim dinyatakan.
Komunikasi persuasif
Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan
untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang
sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh
komunikator
Pada
umumnya sikap-sikap individu/ kelompok yang hendak dipengaruhi ini terdiri dari
tiga komponen:
1.
Kognitif - perilaku dimana individu mencapai tingkat
"tahu" pada objek yang diperkenalkan.
2.
Afektif - perilaku dimana individu mempunyai
kecenderungan untuk suka atau tidak suka pada objek.
3.
Konatif - perilaku yang sudah sampai tahap hingga
individu melakukan sesuatu (perbuatan) terhadap objek.
Kepercayaan/
pengetahuan seseorang tentang sesuatu dipercaya dapat memengaruhi sikap mereka
dan pada akhirnya memengaruhi perilaku dan tindakan mereka terhadap sesuatu. mengubah pengetahuan
seseorang akan sesuatu dipercaya dapat mengubah perilaku mereka. Walaupun ada
kaitan antara kognitif, afektif, dan konatif - keterkaitan ini tidak selalu
berlaku lurus atau langsung.
Pandangan tentang proses komunikasi
Komunikasi pemasaran terlalu sering hanya berfokus
untuk mengatasi kesenjangan kesadaran akan produk, citra, atau preferensi dalam
pasar sasaran. Tetapi pandangan dalam komunikasi pemasaran ini memiliki
beberapa keterbatasan, terlalu pendek dan mahal, dan sebagian besar pesan jenis
ini tidak sampai kepada pelanggan sasaran.
Memilih saluran komunikasi
Dalam mengembangkan komunikasi yang efektif ada
delapan langkah yang harus dilakukan, mengidentifikasikan pemirsa atau konsumen
sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang komunikasi, memilih saluran
komunikasi, menetapkan total anggaran komunikasi pemasaran, memutuskan bauran
komunikasi pemasaran (marketing mix), mengukur hasil komunikasi, dan mengelola
proses komunikasi pemasaran terintegrasi.
Macam memilih
saluran komunikasi antara lain :
1.
Saluran
komunikasi pribadi : dua orang atau lebih berkomunikasi tatap muka, antara
seseorang dengan pemirsa, melalui telepon atau melalui e-mail.
2.
Saluran komunikasi
nonpribadi : komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang dan meliputi
media, promosi penjualan, acara dan pengalaman, serta hubungan masyarakat.
Model
komunikasi pemasaran
1. Model Makro Proses Komunikasi
2. Model Mikro Respons Konsumen
Model mikro
komunikasi pemasaran berkonsentrasi pada respons spesifik konsumen terhadap
komunikasi. Ada empat model hirarki respons klasik yaitu AIDA, Hirarki
Pengaruh, Inovasi-adopsi, dan Komunikasi. Semua model mengasumsikan bahwa
pembeli melewati tahap kognitif, afektif dan perilaku.
1.
Kesadaran : Jika sebagian besar konsumen sasaran tidak
menyadari produk, tugas komunikator adalah membangun kesadaran dengan
memperkenalkan produk dengan informasi awal seperti nama produk.
- Pengetahuan : Informasi lebih dalam mengenai produk. Konsumen sasaran mungkin memiliki kesadaran tapi tidak tahu banyak tentang produk. Pengetahuan sangat penting untuk diberikan kepada sasaran agar informasi yang dimiliki sasaran tentang produk menjadi lengkap.
- Rasa suka : Jika konsumen sasaran mengetahui merek, apa yang mereka rasakan tentang merek tersebut? Dalam hal ini komunikator harus bisa membangkitkan rasa suka konsumen sasaran terhadap produk.
- Preferensi : Konsumen sasaran mungkin menyukai produk, tetapi tidak lebih baik dibandingkan produk lain. Komunikator harus berusaha membangun preferensi konsumen dengan membandingkan kualitas, nilai, kinerja, dan fitur lain terhadap pesaing.
- Keyakinan : Komunikator harus membangun dan memperkuat keyakinan dan minat konsumen sasaran untuk membeli.
- Pembelian : Konsumen sasaran memiliki keyakinan dan minat yang kuat, namun tidak cukup tergerak untuk membeli.
Alat-alat
Promosi Dalam Komunikasi Pemasaran
Bauran
Komunikasi Pemasaran (Promosi) terdiri atas lima alat komunikasi utama:
§ Periklanan:
Semua bentuk penyajian dan promosi nonpersonal atas ide, barang atau jasa yang
dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu.
§ Promosi
Penjualan: Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba
atau membeli suatu produk atau jasa.
§ Hubungan
masyarakat dan publisitas: Berbagai program untuk mempromosikan dan/atau
melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.
§ Penjualan
pribadi: Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih guna melakukan
presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan
§ Pemasaran
langsung: Penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail, dan alat penghubung
nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan
tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu
REFERENSI
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.