Sikap konsumen
adalah faktorn penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen. Mowen dan
Minor(1998) menyebutkan bahwa istilah pembentukan sikap konsumen(costumer
attitude formation) sering kali menggambarkan hubungan antara kepercayaan,
sikap dan prilaku. Kepercayaan, sikap, dan prilaku juga terkait dengan konsep
atribut produk. Atribut produk adalah karakteristik dari suatu produk. Konsumen
biasanya memiliki kepercayaan terhadap atribut suatu produk.
Fungsi – fungsi sikap
1.
Fungsi Utilitarian
Fungsi ini mengarahkan manusia menuju obyek yang
menyenangkan atau menjauhi obyek yang tidak menyenangkan. Maksudnya seorang
konsumen menyukai suatu produk karena ingin memperoleh manfaat dari produk
tersebut atau menghindari resiko produk.
2.
Fungsi Mempertahankan Ego
Mekanisme pembelaan orang fanatik yang tidak mau
mengakui kegelisahan diri mereka yang paling mendasar. Melindungi orang dari
kebenaran mendasar tentang diri sendiri atau dari kenyataan kekejaman dunia
luar. Sikap dibentuk untuk melindungi ego atau citra diri terhadap ancaman
serta membantu untuk memenuhi suatu fungsi dalam mempertahankan diri. Maksudnya
sikap dapat melindungi citra seorang konsumen (mengurangi rasa minder atau
meningkatkan kepercayaan dirinya).
3.
Fungsi Ekspresi Nilai
Mengacu pada bagaimana seseorang mengekspresikan nilai
sentral mereka kepada orang lain. Maksudnya sikap akan menggambarkan minat atau
hobi seorang konsumen.
4.
Fungsi Pengetahuan
Manusia membutuhkan suatu dunia yang mempunyai susunan
teratur rapi, oleh karena itu mereka mencari konsistensi, stabilitas, definisi
dan pemahaman dari suatu kebutuhan yang selanjutnya berkembanglah sikap ke arah
pencarian pengetahuan. Maksudnya sikap positif seorang konsumen terhadap suatu
produk mencerminkan pengetahuan konsumen akan suatu produk.
Tiga komponen sikap
- Kognitif atau evaluasi
Adalah segmen
opini atau keyakinan dari sikap, yang menentukan tingkatan untuk bagian yang
lebih penting dari sebuah sikap.
- Afektif atau perasaan
Adalah segmen emosional atau perasaaan dari sebuah
sikap, yang menimbukan hasil akhir perilaku.
- Perilaku atau tindakan
Adalah sikap merujuk pada suatu maksud untuk
berperilaku dalam cara tertentu terhadap sesuatu atau seseorang.
Peran sikap dalam pengembangan
strategi pemasaran
Sikap konsumen
merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan strategi promosi atau
strategi pemasaran. Misalnya, jika sikap konsumen dari segmen pasar tertentu
yang telah diidentifikasi menginginkan produk yang mudah dibawa dan mampu
menyelesaikan segala persoalan untuk produk komputer laptop, maka srategi
promosinya harus menekankan pada penggambaran mobilitas dan penyelesaian
persoalan dengan cepat. Demikian juga untuk segmen pasar yang lain,
pengembangan produk harus menyesuaikan sikap konsumen agar tujuan promosi atau
pemasaran dapat tercapai.
Hubungan antara sikap dan perilaku
Teori Keseimbangan Heider yaitu dimana Konsumen selalu mencari keseimbangan
antara informasi yang di dapat dengan pengalaman yang mereka rasakan atau
dengan kata lain kepercayaan yang mereka dapat dari pengalaman atau faktor
internal dan Eksternal lainnya.
Selain teori diatas ada juga teori
Rosenberg yaitu Teori Ekspetensi dimana Teori ini menyatakan bahwa pada umumnya
perilaku lebih di pengaruhi oleh pengharapan untuk mencapai sesuatu hasil yang
di harapkan ,atau dengan kata lain Pengharapan nilai di dasarkan pada
keseimbangan Kepercayaan dan Evaluasi. Lalu selain 2 teori diatas teori yang
juga terkenal adalah teorinya Fisbein dimana ia menyatakan Pembentukan sikap
sebagai tanggapat atas atribut- atribut dan hal ini lebih bersifat
Operasioanal.
Pada akhir
tahun 1960-an, hubungan yang diterima tentang sikap dan perilaku ditentang oleh
sebuah tinjauan dari penelitian. Berdasarkan evaluasi sejumlah penelitian yang
menyelidiki hubungan sikap-perilaku, peninjau menyimpulkan bahwa sikap tidak
berhubungan dengan perilaku atau, paling banyak, hanya berhubungan sedikit.
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sikap memprediksi perilaku masa depan
secara signifikan dan memperkuat keyakinan semula dari Festinger bahwa hubungan
tersebut bisa ditingkatkan dengan memperhitungkan variabel-variabel pengait.
Psikolog
sosial, seperti Morgan dan King, Howard dan Kendler, serta Krech dan lainnya
mengatakan bahwa antara sikap dan perilaku adalah konsisten. Salah satu teori
yang bisa menjelaskan hubungan antara sikap dan perilaku adalah teori Fishbein
dan Ajzen. Menurut mereka, antara sikap dan perilaku terdapat satu faktor
psikologis yang harus ada agar keduanya konsisten, yaitu niat (intention).
Worchel dan Cooper (1983) menyimpulkan sikap dan perilaku bisa konsisten
apabila ada kondisi sebagai berikut:
a. Spesifikasi
sikap dan perilaku
b.
Relevansi sikap terhadap perilaku
c. Tekanan
normatif
Sikap juga memiliki hubungan
denga perilaku oleh sebab itu Perilaku dapat di perediksi dengan sikap hal ini
di kemukakan oleh Cialdini, Petty dan Cacciopo(1981) dimana
faktor –faktor perilaku yang di pengaruhi oleh sikap SBB
1. Tingkat Keterlibatan Konsumen
2. Pengukuran sikap
3. Pengaruh orang lain
4. Faktor situasional
5. Pengaruh merek lain
6. Kekuatan sikap
Model perubahan kepercayaan, sikap
dan perilaku
Dapat
disimpulkan bahwa sikap merupakan ungkapan perasaan konsumen tentang suatu
objek apakah disukai atau tidak, dan sikap juga bisa menggambarkan kepercayaan
konsumen terhadap berbagai atribut dan manfaat dari objek tersebut. Sikap
konsumen adalah faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen. Mowen
dan Minor(1998) menyebutkan bahwa istilah pembentukan sikap
konsumen(costumer attitude formation) sering kali menggambarkan hubungan antara
kepercayaan, sikap dan perilaku.
Kepercayaan, sikap, dan perilaku
juga terkait dengan konsep atribut produk. Atribut produk adalah karakteristik
dari suatu produk. Konsumen biasanya memiliki kepercayaan terhadap atribut
suatu produk.
Kepercayaan
konsumen adalah pengetahuan konsumen mengenai suatu objek, atributnya, dan
manfaatnya (Mowen dan Minor, 1998, hal 242). Kepercayaan konsumen menyangkut
kepercayaan bahwa suatu produk memiliki berbagai atribut, dan manfaat dari
berbagai atribut tersebut. Kepercayaan konsumen terhadap suatu produk, atribut
dan manfaat produk menggambarkan persepsi konsumen.
Sumber:
http://generasi1990.blogspot.com/2011/04/sedikit-teori-pemahaman-sikap-dalam.html
http://islamijum.wordpress.com/2012/06/22/sikap-konsumen/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sikap_Perilaku_mengikuti_sikap
http://gemapariwara.blogspot.com/2010/11/peran-sikap-konsumen-dalam-pengembangan.html
http://matasiswa.blogspot.com/2012/06/sikap-dan-perilaku.html
http://psikologi-unnes.blogspot.com/2008/08/pengertian-sikap-dan-perilaku.html
http://nirawarna.wordpress.com/2011/07/04/faktor-sikap-dalam-perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.