1.
SEGMENTASI PASAR
a. segmentasi dan
kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen adalah prasaan
senang atau kecewa seseorang yang berasar dari perbandingan antara kesannya
terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapannya. Kepuasan konsumen
terbagi menjadi 2 :
1. Kepuasan Fungsional
Kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu
produk
Contoh : tidur membuat kita tidak mengantuk
2. Kepuasan Psikologikal
Kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak
berwujud
Contoh : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan
b.
Segmentasi dan profitabilitas
Profitabilitas adalah kemampuan
perseorangan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan penyokong pertumbuhan baik
untuk jangka pendek maupun jangka panjang. .
biasanya dilihat dari laporan
laba rugi perseroan ( INCOME STATMENT) yang menunjukkan laporan hasil kinerja
perseroan :
1. Tingkatan Efisiensi Produksi
Semakin efisien semakin rendah biaya produksi. Maka mrgin
keuntungan semakin tinggi. Terapkan prinsip “ Toyal Quality Management” sistem
produksi anda untuk memengkas biaya-biaya yang tidak perlu
2. Fokus pada “CORE BUSINESS”
Jika melenceng pada hal yang tidak penting yang
ddilakukan adalah pemborosan sumber daya yang sangat berharsa yaitu “WAKTU”
3. Berdayakan Orang-orang yang berdedikasi Melalui kepemimpinan
4. Pertajam Kecerdasan organisasi
5. Kompensasi yang sesuai
Ada beberapa variabel
segmentasi yaitu :
2.
RENCANA PERUBAHAN
A.
Analisis Konsumen dan Kebijakan Sosial
·
Analisis Konsumen
Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh
seseorang mengalami berbagai penetapan sebagai berikut
1. Analisis kebutuhan
Konsumen merasa bahwa dia membutuhkan sesuatu untuk
memenuhi keinginannya
2. Pencarian Informasi
3. Evaluasi alternatif
4. Keputusan pembelian
5. Sikap paksa pembelian
·
Analisi kebijakan Sosial (policy analysis)
Dapat dibedakan dengan pembuatan atau pengembnagan
kebijakan (policy development). Analisis ini lebih menekankan pada
penelaahankebijakan yang sudah ada, sementara itu kebijakan difokuskan pada
proses pembuatan proposal perumusan kebijaka yang baru.
Penelaahan terhadap kebijakan sosial tsb didasari oleh
prinsip-prinsip umum yang dibuat berdasarkan pilihan-pilihan tindakan sebagai
berikut :
1. Penelitian dan rasionalisasi yang dilakukan untuk menjamin keiliahan dari
analisis yang dilakukan
2. Orientasi nilai yang di jadikan patokan atau kriteria untuk menilai
kebijakan sosial tersebut berdasarkan nilai benar dan salah
3. Pertimbangan politik yang umumnya di jadikan landasan untuk menjamin keamanan dan stabilitas
3. Pertimbangan politik yang umumnya di jadikan landasan untuk menjamin keamanan dan stabilitas
B.
Prubahan Struktur Pasar konsumen
1.
Pasar Persaingan Sempurna
Terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali
dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang
banyak
Contoh Produknya : Beras, gandum, batubara, kentang, dll
2. Pasar Monopolistik
Struktur terjadi ketika jumlah produsen banyak berbeda dengan produk yang sejenis namun dimana konsumen berbeda-beda.
contoh : Snack, Nasi goreng, pulpen , dll
3. Pasar Oligopoli
Suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen dalam suatu wilayah area
Contoh : Industri semen di Indonesia dan Industri Mobil di Ameria Serikat , dll
4. Pasar Monopoli
Terjadi jika di dalam pasar konsumennya hanya terdiri dari satu produsen atau penjual saja.
Contoh : Microsoft windows, Perusahaan listrik negara (PLN), dll
2. Pasar Monopolistik
Struktur terjadi ketika jumlah produsen banyak berbeda dengan produk yang sejenis namun dimana konsumen berbeda-beda.
contoh : Snack, Nasi goreng, pulpen , dll
3. Pasar Oligopoli
Suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen dalam suatu wilayah area
Contoh : Industri semen di Indonesia dan Industri Mobil di Ameria Serikat , dll
4. Pasar Monopoli
Terjadi jika di dalam pasar konsumennya hanya terdiri dari satu produsen atau penjual saja.
Contoh : Microsoft windows, Perusahaan listrik negara (PLN), dll
SUMBER
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.