Apa
yang dimaksud dengan perilaku konsumen?
Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan
hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Beberapa
definisi tentang Periaku Konsumen
1. James F Engel
Mendefinisikan
tindak-tindakan individu secara langsung terlibata dalam usaha memperoleh dan
menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk proses pengambilan kepustusan
yang mendahuli dan menentukan tindakan tindakan tersebut (1988:8)
2. Gerald Zaltman
Adalah tindakan- tindakan, proses dan hubungan sosial yang dilakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan , menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalaman dengan produk pelayanan dan sumber-sumber lainnya (1979:6)
Adalah tindakan- tindakan, proses dan hubungan sosial yang dilakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan , menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalaman dengan produk pelayanan dan sumber-sumber lainnya (1979:6)
3. Gerald Zaltman
Adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan
sosial yang di lakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan,
menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai sutu akibat dari pengalaman
dengan produk, pelayanan dan dumber-sumber lainya. (1979:6)
Pikiran
yang benar mengenai konsumen
1.
Konsumen
adalah RAJA
2.
Motivasi
dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian
3.
Perilaku
konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif yang menghadapi konsumen
secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu.
4.
Bujukkan
dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial asalkan
pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya
manipulasi.
Bila keempat premis ini diabaikan, konsekuensinyahampir selalu negatif. kami memberikan contoh dari hasil pemikiran yang benar maupun yang salah mengenai konsumen.
Bila keempat premis ini diabaikan, konsekuensinyahampir selalu negatif. kami memberikan contoh dari hasil pemikiran yang benar maupun yang salah mengenai konsumen.
Penelitian Konsumen sebagai Bidang Ilmu Dinamis
Dalam kegitan ekonomi tentu kita sering mengenal kata konsumen. Konsumen mempunyai keputusan untuk memiliki barang yang hendak dibeli. Dalam perilaku konsumen kita dapat mengetahui bagaimana cara konsumen memilih barang yang menjadi pilihan konsumen.
Penelitian Konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis yakni bahwa konsumen memiliki sifat berbeda-beda. Bahkan seorang konsumen dapat berganti selera sesuai pola pikir, daya beli, maupun rasa maka hal yang berubah dalam perilaku konsumen itu merupakan hal yang wajar. Maka dari itu kedinamisan yang ada dari perilaku konsumen harus disesuaikan oleh para produsen yang wajib menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghasilkan barang.
SUMBER
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.