Jumat, 19 Desember 2014

APEL




KELAS            :  4EA17

NAMA            : VINKA NOVIANI ADJI

NPM               : 17211290







Buah apel memiliki nama latin Pyrus Malus dan termasuk dalam keluarga Rosaceae. Selain rasanya yang enak, manis dan menyegarkan, ternyata buah apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

           
Manfaat buah apel untuk pengobatan diantaranya, mengobati susah buang air besar, mengobati diare hingga mengatasi diabetes. Sementara itu, khasiat buah apel untuk kesehatan antara lain melancarkan sistem pencernaan, menangkal radikal bebas, mencegah kanker, menyehatkan gigi, hingga mencegah penyakit alzheimer.

            Selain senyawa pektin, dalam satu buah apel ukuran 100 gram juga terkandung banyak zat gizi. Diantaranya Kalori (58 kalori), Hidrat arang (14,9 gram), Lemak (0,4 gram), Protein (0,3 gram), Kalsium (6 mg), Fosfor (10 mg), Zat Besi (0,3 mg),
Vitamin A (90 SI), Vitamin B1 (0,04 mg), Vitamin C (5 mg) dan Air (84 %).

Dengan kandungan nutrisi di atas, buah apel memiliki banyak khasiat bagkesehatan. Diantaranya seperti berikut ini:
1.      Sistem pencernaan
Mengkonsumsi dua buah apel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti konstipasi dan diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.

2.      Diabetes
Buah apel bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Caranya, ambil satu buah apel yamg sudah masak ukuran sedang. Kemudian belah menjadi empat bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Saring airnya, kemudian diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

3.      Kaya antioksidan
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.

4.      Mencegah Risiko Alzheimer
Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.

5.      Kesehatan gigi
Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.

6.      Mencegah Katarak
Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.

7.      Menurunkan Risiko Kanker
Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan kanker payudara.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat lain dari buah apel :
  1. Menyehatkan saluran pencernaan
  2. Menyehatkan payudara wanita
  3. Menyehatkan organ hati
  4. Mengontrol kadar gula dalam darah
  5. Menurunkan kolesterol
  6. Menurunkan berat badan
  7. Membantu kerja usus halus
  8. Mencegah pikun
  9. Mengobati anemia
  10. Mengembalikan stamina tubuh
  11. Mengembalikan tubuh yang lesu
  12. Merawat gig
  13. Merawat jantung
  14. Mencegah dan mengobati rematik
  15. Merawat kesehatan kulit
  16. Menekan sel kanker paru-paru
  17. Menyehatkan mata
  18. Mengobati dan mencegah penyakit asma
  19. Mencegah osteoporosis
  20. Mencerdaskan otak

REFERENSI

http://obatbenjolandileher.org/khasiat-buah-apel/
http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/01/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-apel.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.