Rabu, 08 Oktober 2014

Teori pengambilan keputusan

NAMA    : VINKA NOVIANI ADJI

KELAS   : 4EA17

NPM       : 17211290



TULISAN 2


1.      Jelaskan pengertian dari istilah-istilah berikut ;
a.      Keputusan
b.      Pengambilan Keputusan
c.       Teori Pengambilan Keputusan
Jawab :
a.       Keputusan : merupakan suatu pemecahan masalah sebagai suatu hukum situasi
b.      Pengambilan Keputusan : Suatu proses pemilihan alternatif terbaik dari beberapa alternatif secara sistematis untuk ditindaklanjuti (digunakan) sebagai suatu cara pemecahan masalah
c.       Teori Pengambilan Keputusan : teori-teori, teknik-teknik, pendekatan-pendekatan, yang digunakan dalam suatu proses pengambilan keputusan

2.      Pengambilan keputusan sebagai suatu bentuk pemecahan masalah mempunyai / memiliki fungsi dan tujuan . Sebutkan dan jelaskan fungsi dan tujuan pengambilan keputusan tersebut!!
Jawab :
§  Fungsi
1.       Pangkal pemulaan dari semua aktifitas manusia yang sadar dan terarah
2.       Suatu yang bersifat hururistik artinya bersangkut paut dengan hari depan/ masa yang akan datang . Dimana efeknya bersangkut cukup lama.
§  Tujuan
1.       Tujuan yang bersikap tunggal
         Adalah tujuan pengambilan keputusan yang bersifat tunggal terjadi apabila yang dihasilkan hanya menyangkut satu masalah artinya sekali diputuskan dan tidak aka nada kaitanya dengan masalah lain
2.       Tujuan yang bersikap ganda
         Adalah  pengambilan keputusan yang bersifat ganda terjadi apabila keputusan yang dihasilkan itu menyangkut lebih dari satu masalah, artinya bahwa satu keputusan yang diambil itu sekaligus memecahkan masalah dua masalah atau lebih yang bersifat kontradiktif atau bersifat tidak kontradiktif.

3.      Ada berapa unsur/komponen dari pengambilan keputusan. Sebutkan unsu-unsur tersebut!!!
Jawab :
Ada 4 yaitu :
1.       Tujuan dari pengambilan keputusan
2.       Indentifikasi alternatif-alternatif keputusan untuk memecahkan masalah
3.       Perhitungan mengenai faktor-faktor yang tidak dapat diketahui sebelumnya
4.       Sarana / alat untuk mengevaluasi hasil dari suatu pengambilan keputusan

4.      Menurut George R Terry ada berapa hal yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan ? Sebutkan dan jelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan tersebut !!
Jawab :
1.       Institusi (perusahaan)
2.       Pengaman
3.       Fakta
4.       Wewenang
5.       Rasional

5.      Dalam pengambilan keputusan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya . Sebutkan dan jelaskan secara singkat faktor-faktor tsb !!
Jawab :
faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan :
1.       Posisi / Kedudukan
2.       Masalah
3.       Situasi
4.       Kondisi
5.       Tujuan
§  Menurut George R Terry
1.       Hal-hal yang berwujud dan tidak berwujud, yang emosional maupun yang rasional
2.       Tujuan organisasi
3.       Orientasi
4.       Alternatif-alternatif tandingan
5.       Tindakan
6.       Waktu
7.       Kepraktisan
8.        Pelembagaan
9.       Kegiatan berikutnya
§  Menurut John D. Millet
1.       Pria dan wanita
2.      Peranan pengambilan keputusan
3.       Keterbatasan kemampuan
§  Faktor lainnya :
1.         Keadaan Intern organisasi
2.         Keadaan ekstern
3.         Tersedia informasi yang di perlukan
4.         Kepribadian & kecakapan mengambil keputusan

6.      Apa perbedaan pengambilan keputusan yg dilakukan secara ilmiah dengan pengambilan keputusan yang dilakukan tidak dengan ilmiah ?
Jawab :
§  Pengambilan keputusan secara ilimiah
       Mengartikan bahwa keputusan yang diambil dan dijadikan sebagai hasil, guna pemecahan masalah telah melalui pemikiran secara rasional dimana keputusan yang diambil masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara-cara yang digunakan untuk pengambilan keputusan tersebut dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengerti cara yang digunakan untuk mendapatkan keputusan tersebut. selain itu, pengambilan keputusan secara ilmiah juga menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis. Sehingga keputusan yang dihasilkan secara ilmiah dapat menjamin keputusan tersebut layak digunakan untuk pemecahan masalah.

§  Sedangkan keputusan tidak dengan ilmiah
       Biasanya keputusan yang dihasilkan hanya berdasar pada intuisi atau kejadian di masa yang lalu yang dijadikan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan sehingga terkadang keputusan yang dihasilkan kurang relevan dengan kejadian yang sesungguhnya.


7.      Mengapa pengambilan keputusan amat diperlukan dalam menjalankan roda kehidupan suatu organisasi ? Jelaskan..!!
Jawab :
Karena setiap masalah yang muncul dalam organisasi memerlukan suatu keputusan, dimana keputusan yang diambil melalui proses pengambilan keputusan. Sehingga dapat menghasilkan keputusan yang layak dapat digunakan sebagai suatu pemecahan masalah dalam organisasi, guna mencapai tujuan.

8.      Sebutkan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan ;
a.      Keputusan terprogram
b.      Keputusan tidak terprogram
Jawab :
a.         Keputusan terprogram
       adalah suatu keputusan yang terkait dengan persoalan yang berulang-ulang dan rutin dari suatu peristiwa atau kejadian yang sejenis atau serupa sehingga jika terjadi hal yang sama di kemudian hari cara penanganan atau penyelesaiannya telah disiapkan. Keputusan terprogram dibuat sebagai respon terhadap masalah-masalah organisasi repetitif atau yang sudah baku. Banyak masalah dalam organisasi yang terjadi berulang-ulang yang sudah biasa, tempat para manajer bisa membuat kriteria penampilan informasi yang jelas, serta alternatif keputusan yang lebih baik, keputusan jenis ini lebih sering disebut sebagai keputusan rutin. Contoh keputusan terprogram adalah pembelian bahan baku yang dilakukan secara berulang-ulang oleh bagian produksi guna memenuhi kebutuhan bahan baku produksi.

b.          Keputusan tidak terprogram
       adalah keputusan yang terikat kepada berbagai persoalan yang tidak berulang dan tidak terstruktur yang biasanya muncul secara tiba-tiba dan mendadak serta umumnya bersifat unik. Keputusan tidak terprogram dibuat sebagai respon terhadap masalah-masalah unik yang jarang dijumpai, dan yang tidak dapat didefiniskan secara tepat, keputusan ini biasanya dikenal dengan nama keputusan stratejik. Contoh keputusan tidak terprogram adalah pelepasan saham di bursa efek dan perluasan usaha yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.