Minggu, 23 Juni 2013

Kewarganegaraan di Indonesia dan masalahnya saat ini





SISTEM PEMERINTAHAN KEWARGANEGARAAN DI INDONESIA

Indonesia menganut sistem pemerintahan  Republik dan bersistemkan politik Demokrasi,  yang Semua negara mengakui bahwa Demokrasi sebagai alat ukur dari keabsahan politik. Kehendak rakyat adalah dasar utama kewenangan pemerintahan menjadi basis tegaknya system politik demokrasi. Demokrasi meletakkan rakyat pada posisi penting, hal ini karena masih memegang teguh rakyat selaku pemegang kedaulatan. Negara yang tidak memegang demokrasi disebut negara otoriter. Negara otoriterpun masih mengaku dirinya sebagai negara demokrasi. Ini menunjukkan bahwa demokrasi itu penting dalam kehidupan bernegara dan pemerintahan.

NAIKNYA HARGA BBM DIINDONESIA


Rancangan postur APBN Perubahan 2013 - RUU Perubahan APBN 2013 telah disetujui di rapat paripurna DPR RI pada tanggal 17 Juni 2013. Hasil sidang BBM telah divotting oleh seluruh anggota DPR walau dengan banyaknya Intrupsi dan sedikit ricuh .  Sebanyak 338 anggota menyetujui kenaikan BBM dan sebanyak 181 anggota tidak menyetujui. Hal ini tidaklah menghasilkan keputusan yang pro rakyat. Tetap seperti hasil keputusan rapat paripurna tahun yang lalu. Harga BBM tetap naik setiap perubahan rancangan APBN di beberapa tahun terakhir ini.

 Kemarin hari tepatnya  pada Jumat malam,  pemerintah resmi mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi. Harga bahan bakar premium dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500 per liter. Sementara solar dari Rp 4.500 menjadi Rp 5.500 per liter. Kenaikan ini sudah ditetapkan mulai Sabtu (22/6/2013) pukul 00.00 WIB.

Kenaikan bbm ini sentak menimbulkan pro dan kontra bagi warga negara indonesia. Naiknya harga BBM menjadi kenaikan bagi semua kebutuhan kebutuhan pokok di indonesia. Di pasar tradisional Bendungan Hilir, contohnya, harga telur ayam negeri kini mencapai Rp 19.500, naik Rp 4.500 dari sebelumnya Rp 15.000 per kilogram. Telur ayam kampung pun mengalami kenaikan dari Rp 1.400 menjadi Rp 1.700 per butir. Sedangkan telur puyuh dari Rp 26.000 menjadi Rp 28.000 per kilogram. Harga angkutan umum pun kian naik 10-20 %

SIKAP ASPIRATIF WARGANEGARA



Aksi unjuk rasa mahasiswa Universitas Nasional (Unas) berakhir ricuh mengakibatkan seorang pendemo dan dua petugas kepolisian terluka di depan kampus Jalan Sawo Matang, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat malam (21/6/2013).

Kepala Polsek Pasar Minggu, Komisaris Polisi Adry Desas Furiyanto di Jakarta, Jumat tengah malam, menyebutkan anggota kepolisian yang terluka adalah Bripda Andi dari Brimob Polda Metro Jaya dan Aiptu Sodikin dari Polsek Pasar Minggu. Sedangkan korban dari pendemo, yakni Reja dari Fakultas Komunikasi Unas.

Aksi mahasiswa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi itu, berakhir ricuh setelah pendemo membakar ban bekas dan melempar batu, bahkan botol yang diduga berisi bahan bakar ke arah petugas kepolisian.

KENAIKAN BBM 2013 AKAN MENGUNTUNGKAN PERUSAHAAN MINYAK ASING


Peneliti dan Direktur Institute for Strategic and Development Studies (ISDS) Jakarta M Aminudin berpendapat, kenaikan harga BBM 2013 akan menguntungkan perusahaan minyak asing
Menurut alumnus FISIP Unair Surabaya itu, dengan kenaikan harga BBM yang dioperatori Pertamina hingga mendekati harga milik SPBU asing pasti SPBU milik asing Shell dan Total akan ramai pembeli.
Saat ini (2013), harga minyak di pasaran intenasional telah merosot ke kisaran rata-rata 92 dollar per barrel. Banyak negara justru sedang menurunkan harga BBM, termasuk Jordania. Pemerintah Jordania baru saja bulan Juni ini mengumumkan penurunan harga BBM sebesar 3-5 persen karena penurunan harga global," katanya
ia menyebut alasan pembengkakan APBN itu ganjil karena kenaikan harga BBM kali ini justru terjadi di tengah harga minyak pasaran internasional (NYMEX) sedang merosot akibat melimpahnya lumbung minyak di Amerika


UNTUK APA BBM DI NAIKKAN.???
Jika mengacu kepada Undang Undang APBN 2012 Pasal 8 ayat 10, Pemerintah memiliki kuasa untuk menyesuaikan harga BBM. Akan tetapi dalam kenaikan harga BBM Pemerintah juga harus punya alasan yang mendasar yang melatar belakanginya. Dasar kenaikan harga BBM bersubsidi yang disampaikan oleh Pemerintah di lakukan untuk penyelamatan keuangan Negara . 

KESIMPULAN 



menurut saya sih intinya itu cuma 1 yaitu tentang kesadaran .
Sadar bahwa kita ini manusia pasti mempunyai salah bukan hanya pemerintah sja yang disalahkan atas hal ini. sadar akan masih bnayak orang YG BETUL-BETUL tidak mampu jika memang semua harga2 naik krn imbas dr kenikan BBM ini. sadar kalau semua bala bantuan dari pemerintah itu Untuk RAKYAT yg benar-benar tidak mampu, bukan oleh orang yg mempunyai motor mempunyai rumah sendiri bhkan terlebih orang yang mempunyai mobil. Tingkat keserahakan kita akan uang itu perlu disadarkan.
Kita jangan selalu  melihat negara-negara yang sukses yang rendah harga bbmnya yang maju prekonomiannya yang bisa jadi PANUTAN bagi negara2 lainnya.. kalo dari kita senidiri belum sadar akan kesuksesan sebenarnya.
1 orang yang berani melakukan perubahan tidak akan bisa melalukan perubahan jika 230 jt orang lainnya tidak ikut membantu melakukan perubahan ^_^

SUMBER

 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.